Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Siswa Kelas Iv Sd 04 Gondangmanis

INDARWATI, TRI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Siswa Kelas Iv Sd 04 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (28MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (28MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran examples non examples berbasis permainan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang kelas IV SD 04 Gondangmanis. Kualitas pembelajaran merupakan suatu tingkat keberhasilan atau ketercapaian dalam pembelajaran yang dapat dilihat dari proses dan hasil. Examples Non Examples merupakan salah satu model pembelajaran yang komunikatif dan menarik dengan menggunakan contoh gambar. Permainan merupakan sebuah aktivitas dalam mencari kesenangan yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 04 Gondangmanis dengan subjek penelitian 11 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model examples non examples berbasis permainan. Sedangkan variabel terikat adalah kualitas pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran matematika yang cukup signifikan dilihat dari hasil ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif antara siklus I (64%) dan siklus II (81,82%), hasil belajar ranah afektif antara (63,41%) dan siklus II (83,86%), hasil belajar ranah psikomotorik antara siklus I (61,85%) dan siklus II (79,54%) yang didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I 64,76% (baik), menjadi siklus II 82,67% (baik) dan iklim pembelajaran antara siklus I 67,85% (baik) menjadi siklus II 87,50% (baik sekali). Perolehan keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,40% (baik) menjadi siklus II 83,60% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran examples non examples berbasis permainan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang kelas IV SD 04 Gondangmanis. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 04 Gondangmanis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang kelas IV SD 04 Gondangmanis. Untuk itu guru disarankan dalam menerapkan model pembelajaran examples non examples berbasis permainan, guru harus membimbing siswa dalam menganalisis gambar yang dijadikan contoh untuk menemukan konsep agar siswa dapat berpikir kritis, selain itu agar pembelajaran lebih menyenangkan guru bisa menyelingi permainan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Permainan, Kualitas, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:40
Last Modified: 22 Jun 2016 05:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item