Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Kelas Iv Sdn Padangan Winong Pati

FITRIA, SINTA AYU (2015) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Kelas Iv Sdn Padangan Winong Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (535kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (765kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (217kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN Padangan Winong Pati. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan menggunakan model role playing. Role Playing adalah salah satu model pembelajaran yang menggunkan kreatifitas untuk bermain peran, sehingga siswa mudah dalam menyampaikan atau menerima pembelajaran saat menggunakan atau menerapkan model Role Playing tersebut. Hasil belajar adalah perubahan atau peningkatan sikap, kebiasaan, pengetahuan, ketrampilan dan sebagaimana yang menuju pada perubahan positif, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN Padangan Winong Pati tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa, tes berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini akan dianggap berhasil jika nilai rata-rata kognitif siswa pada materi sumber daya alam mencapai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan klasikal ≥ 75%, aspek afektif dan aspek psikomotorik mencapai kategori minimal baik, dan keterampilan mengajar guru meningkat mencapai kategori minimal baik. Hasil penelitian menggunakan model Role Playing menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Padangan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Hasil analisa data ketuntasan aspek kognitif diperoleh pra siklus sebesar 40% nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 85, selanjutnya siklus I sebesar 65% nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 80 dan siklus II mengalami ketuntasan sebesar 85% nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 85. Aspek afektif siklus I sebesar 2,14 kualifikasi cukup baik, selanjutnya siklus II sebesar 2,68 kualifikasi baik. Aspek psikomotor siklus I sebesar 2,56 dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 3,41 dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan guru dalam menerapkan model Role Playing dengan prosentase 73,43% kualifikasi pembelajaran baik pada siklus I dan pada siklus II keterampilan guru sebesar 83,33% kualifikasi sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian yaitu hasil belajar IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN Padangan Kecamatan Winong Kabupaten Pati menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk itu disarankan beberapa hal (1) guru dapat menggunakan model Role Playing sebagai alternatif metode pembelajaran, (2) siswa selalu aktif dan antusias mengikuti pembelajaran, (3) peneliti yang akan datang dapat memicu berkembangnya penelitian-penelitian yang lebih kreatif dan inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya Alam.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 03:40
Last Modified: 27 Jun 2016 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5387

Actions (login required)

View Item View Item