Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresif Pada Anak

Muflihah, Muflihah (2012) Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresif Pada Anak. Skripsi Sarjana thesis, Universtas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (570kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (42kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresif pada anak. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala kualitas persahabatan, skala kecerdasan emosi dan skala perilaku agresif. Hasil analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi dimana perhitungan menggunakan komputer dengan program SPSS 15,0 for windows. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,177 dengan p sebesar 0,290 (p < 0,05) ini berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresif pada anak, dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini tidak diterima. Hasil koefisien korelasi antara variabel kualitas persahabatan dengan perilaku agresif r_x1n sebesar 0,170 dengan p sebesar 0,064 (p > 0,05) ini berarti tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara kualitas persahabatan dengan perilaku agresif pada anak, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak diterima. Sedangkan koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosi dengan perilaku agresif r_x2y sebesar 0,066 dengan p sebesar 0,280 (p > 0,05) ini berarti tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif pada anak, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak diterima. Tidak adanya hubungan antara kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresif pada anak menandakan tidak adanya sumbangan efektif. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi tidak termasuk faktor yang mempengaruhi perilaku agresif anak.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku agresif, Kualitas persahabatan dan Kecerdasan emosi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Users 1245 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 04 Dec 2012 05:37
Last Modified: 04 Dec 2012 05:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item