Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Ngembal Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus

Pratiwi, Dwi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Ngembal Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (432kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (605kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (187kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Hasil Belajar Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together Pada Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV SD 3 Ngembal Kulon, Mendeskripsikan Aktivitas Siswa Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Pembelajaran Pkn Pada Kelas IV SD 3 Ngembal Kulon, Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Pembelajaran Pkn Siswa Kelas IV SD 3 Ngembal Kulon. Hasil Belajar Adalah Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Setelah Mengalami Proses Pembelajaran Dan Hasilnya Biasanya Dapat Diukur Melalui Kemampuan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Model Pembelajaran Numbered Heads Together Merupakan Model Yang Menggunakan Nomor Kepala Dalam Penyampaian Materi Pembelajaran Yang Bertujuan Mendorong Siswa Untuk Berpikir Kritis Dengan Menjawab Soal Yang Diberikan Oleh Guru. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 3 Ngembal Kulon Jati Kudus Dengan Subjek Penelitian 18 Siswa Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Silkus Terdiri Dari Dua Pertemuan. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Numbered Heads Together, Sedangkan Variabel Terikatnya Adalah Hasil Belajar Pkn. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Tindakan Yang Dilakukan Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunujukkan Bahwa Penggunaan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Pkn. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Model Numbered Heads Together Mengalami Peningkatan Dari 70,15% Pada Siklus I (Baik) Dan Meningkat Pada Siklus II 81,85% (Baik). Aktivitas Belajar Siswa Pada Ranah Afektif Meningkat Dengan Persentase Rata-Rata Siklus 54,86% (Sedang) Dan Meningkat Pada Siklus II 79,03% (Baik). Aktivitas Belajar Siswa Pada Ranah Psikomotorik Meningkat Dengan Persentase Rata-Rata Siklus 60,41% (Baik) Dan Meningkat Pada Siklus II 76,97% (Baik). Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Juga Meningkat Dengan Persentase Ketuntasan Prasiklus 11,11% (Kurang). Pada Siklus I 33,33% (Kurang) Dan Pada Siklus II Menjadi 77,77% (Baik). Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Pembelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran, Aktivitas Siswa Dalam Belajar, Dan Hasil Belajar Pkn Siswa. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Lebih Berpartisipasi Aktif Dan Memusatkan Perhatian Selama Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Bagi Guru Hendaknya Menggunakan Model Pembelajaran Inovatif Yang Sesuai Dengan Karakteristik Siswa Dan Dapat Merangsang Siswa Agar Mau Belajar. Bagi Sekolah Hendaknya Memberikan Himbauan Dan Dukungan Terhadap Guru Agar Menggunakan Pembelajaran Yang Lebih Inovatif Dan Menempatkan Siswa Sebagai Subjek Dalam Kegiatan Pembelajaran. Bagi Peneliti Selanjutnya Diharapkan Dapat Lebih Memahami Langkah-Langkah Model Numbered Heads Together, Sehingga Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Pkn, Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota Dan Provinsi, Numbered Heads Together
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:58
Last Modified: 02 Jul 2016 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item