Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Outbound Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015

Rohman, Khamid Noor (2016) Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Outbound Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (782kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (332kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (638kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (77kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (80kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini: 1. Mendiskripsikan ketrampilan peneliti dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan metode outbound untuk mengatasi kejenuhan belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015, 2. Mendiskripsikan aktivitas siswa dalam mengatasi kejenuhan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode outbound Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan pengatasan kejenuhan belajarmelalui layanan bimbingan kelompok dengan metode outbound. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengankejenuhan belajar. Layanan bimbingan kelompok dapat diartikan sebagai suatu teknik yang dipergunakan untuk membantu siswa atau sekelompok siswa dalam memecahkan masalah-masalah melalui kegiatan kelompok. Berdasarkan kajian pustaka di atas, hipotesis tindakan yang dirumuskan peneliti adalah “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan metode outbound dapat mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini didesain dengan menggunakan PTK BK dengan jumlah subjek 8 siswa dari kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Layanan Bimbingan Kelompok dengan metode outbound. Variabel terikatnya adalah Kejenuhan Belajar. Teknik pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas ini yang berjudul “Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Outbound Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015” dilakukan dengan beberapa metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil Observasi Kolaborator terhadap Peneliti Siklus I dan Siklus II Pertemuan 1, 2 dan 3dapat dijabarkan sebagi berikut: pada siklus I pertemuan I dari jumlah subjek 8 siswa mendapat skor 60 dengan kategori cukup yang, siklus I pertemuan II mendapat skor 65 dengan kategori cukup, siklus I pertemuan III mendapat skor 70 dengan kategori baik.Pada siklus II pertemuan I dari jumlah mendapat skor 75 dengan kategori baik, siklus II pertemuan II mendapat skor 80 dengan kategori baik dan pada siklus II pertemuan III mendapat skor 84 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi peneliti terhadap aktivitas siswa pada Siklus I pertemuan I rata-rata skor 31,62 masuk dalam kategori Cukup (C). Pada siklus I pertemuan II rata-rata skor 34,5 masuk dalam kategori Baik (B). Pada siklus I pertemuan III rata-rata skor 36,12 masuk dalam kategori Baik (B). Pada siklus II pertemuan I rata-rata skor 38,37 masuk dalam kategori Baik (B).Pada siklus II pertemuan II rata-rata skor 41,125 masuk dalam kategori Baik (B).Pada siklus II pertemuan III rata-rata skor 43,75% masuk dalam kategori Baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Mendiskripsikan ketrampilan peneliti dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan metode outbound untuk mengatasi kejenuhan belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.Mendiskripsikan aktivitas siswa dalam mengatasi kejenuhan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode outbound Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.Saran yang diberikan: 1. Bagi Kepala sekolah, disamping terus mendorong guru pembimbing untuk terus menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok, diharapkan untuk dapat membantu dan mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa, 2. Bagi guru BK, Mengupayakan secara lebih maksimal untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dengan baik yang bersifat individu maupun kelompok.untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa, 3. Bagi siswa, Diharapkan siswa dapat lebih baik lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah dan dapat menghilangkan rasa jenuh sehingga mempunyai dampak atau pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan prestasi pembelajarannya, dan 4. Bagi Peneliti Selanjutnya, Diharapkan bagi para peneliti yang berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan bimbingan kelompok dengan metode outbound dalam upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa agar lebih selektif dan lebih sempurna untuk diberikan pada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Outbound
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Aug 2016 06:29
Last Modified: 05 Aug 2016 06:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item