Peningkatan Kesadaran Diri Dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Xii Ips 5 Sma N 01 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016

Is, Dwi Rahayu (2016) Peningkatan Kesadaran Diri Dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Xii Ips 5 Sma N 01 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (224kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (156kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (502kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (79kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (14kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendiskripsikan besarnya tingkat kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib sekolah sebelum diberi Layanan Informasi dengan Media Audio Visual Kelas XII IPS 5 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun 2015/1016. 2. Mendeskripsikan peningkatan kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib sekolah pada siswa kelas XII IPS 5 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun 2015/2016 setelah mengikuti Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual. Kesadaran dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah adalah merasa atau mengingat keadaan dirinya yang sebenarnya atas rendahnya pemahaman dalam proses ketaatan yang masih belum mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Ketika siswa sudah memiliki kesadaran dalam mentaati tata tertib sekolah, siswa tersebut akan lebih memperhatikan betapa pentingnya tata tertib sekolah bagi dirinya untuk menjadikan kepribadian yang baik. Untuk mewujudkan kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib sekolah peneliti berupaya untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam mentaati tata tertib sekolah melalui layanan informasi dengan media audio visual.Layanan informasi adalah sebuah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik.Pemahaman tersebut mengenai bidang pribadi, sosial, belajar, maupun karir sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan potensi yang ada dalam diri peserta didik.Media Audio Visual adalah sarana penyalur pesan atau informasi belajar yang hendak disampaikan oleh sumber pesan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut dalam kegiatan belajar-mengajar, sumber pesan adalah guru dan penerima pesan adalah murid. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yakni tiga puluh lima siswa kelas XII IPS 5 SMA 1 Mejobo Kudus yang memiliki kesadaran dalam mentaati tata tertib yang kurang. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan jenis deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 10 aspek penilaian.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kesadaran siswa mentaati tata tertib sekolah mengalami peningkatan mulai pra siklus, siklus I ke siklus II.Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan setelah pelaksanaan tindakan. Setelah siklus I dan II, memperlihatkan bahwa kesadaran mentaati tata tertib sekolah mengalami peningkatan dengan nilai pada pra siklus mendapat skor 22,08 (kurang), pada siklus I mendapat skor 23,35 (cukup), dan pada siklus II mendapat skor 40,05 (baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan media audio visual dapat meningkatkan kesadaran mentaati tata tertib sekolah. Hal ini terbukti sebelum pemberian layanan informasi, kesadaran mentaati tata tertib sekolah termasuk dalam kategori kurang.Setelah layanan informasi dengan media audio visual pada siklus I, kesadaran mentaati tata tertib sekolah termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II, kesadaarn mentaati tata tertib sekolah termasuk dalam kategori baik.dengan demikian hipotesis yang diajukn dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Peneliti member saran kepada pembimbing untuk memberikan layanan kepada siswa dengan materi yang sesuai dan dibutuhkan oleh siswa sehingga masalah yang dialami siswa akan cepat terselesaikan. Kepada kepala sekolah untuk memberikan sarana dan kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan program BK yang ada di sekolah., sehingga kebutuhan siswa akan dapat dilayanani dengan baik oleh guru pembimbing. Kepada siswa diharapka siswa memahami semua sikap kedisiplinan yang harus dilakukan di sekolah, khususnya kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: KesadaranMentaati Tata Tertib Sekolah, Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 06 Aug 2016 09:03
Last Modified: 06 Aug 2016 09:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item