Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Komik Strippada Siswa Kelas Ivsdn 1 Colo Kabupaten Kudus

Millah, Afifatul (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Komik Strippada Siswa Kelas Ivsdn 1 Colo Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (709kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (765kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (668kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (340kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (289kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis narasi menggunakan model think talk write berbantuan media komik strip pada siswa kelas IV SDN 1 Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 1 Colo Kudus selama ini masih rendah. Siswa masih kesulitan menuangkan ide dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Model think talk write adalah model yang mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, kemudian menuliskan suatu topik tertentu. TTW juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa serta melibatkan siswa aktif dalam belajar. Langkah-langkah dalam model Pembelajaran think talk write yakni berpikir, berdiskusi, selanjutnya menuliskan hasil diskusi. Komik strip adalah jenis komik yang hanya terdiri atas beberapa panelatau sebuah rangkaian gambar yang berupa cerita. Melalui media komik strip memudahkan siswa untuk menulis narasi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Colo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa yang terdiri atas 5 laki-laki dan 11 perempuan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model think talk write dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) keterampilan guru dilihat dari siklus I memperoleh rata-rata 74,38% meningkat menjadi 81,88 di siklus II (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 63,08% meningkat menjadi 76,85% dengan kualifikasi baik (3) ketuntasan hasil belajar pra siklus sebesar 37,5% meningkat menjadi 76,5% di siklus I, kemudian meningkat di siklus II sebesar 87,5% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Colo Kudus dapat disimpulkan pada penelitian ini yakni penerapan model think talk write berbantuan media komik strip dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa. Sarannya dalam penelitian ini siswa harus lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia serta model think talk write dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis narasi, model Think Talk Write, media komik Strip
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Aug 2016 07:09
Last Modified: 18 Aug 2016 07:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6028

Actions (login required)

View Item View Item