Meningkatkan Kerjasama Kelompok Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016

Sany, Fungky Dwi (2016) Meningkatkan Kerjasama Kelompok Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (731kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (657kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (263kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Menentukan tindakan-tindakan dalam melakukan kerjasama kelompok belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. 2. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan tehnik sosiodrama dalam peningkatan kerjasama kelompok belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus. Kerjasama kelompok belajar adalah kegiatan belajar secara bersama-sama dengan keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain secara kooperatif yang terdiri dari beberapa individu dan menekankan peran sebagai anggota kelompok untuk menyelesaikan persoalan-persoalan agar mencapai tujuan bersama. Kerjasama dalam kelompok belajar sangat dibutuhkan siswa selain melatih siswa sebagai makhluk sosial, kerjasama dalam kelompok belajar juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa.Bimbingan kelompok (BKp) merupakan suatu kegiatan diskusi kelompok dimana yang dibahas itu topik bebas atau bersifat umum, terdiri dari delapan sampai sepuluh anggota. Dalam bimbingan kelompok layanan ini adalah cara memberikan bantuan (bimbingan) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok.Teknik sosiodrama merupakanteknikdalam bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bermain peran dengan naskah drama yang bertujuan untuk memecahkan masalah individu atau kelompok yang mengalami masalah sosial. Jadi teknik ini membantu masing-masing siswa untuk menemukan makna pribadi dalam dunia sosial mereka dan membantu memecahkan dilema pribadi dengan bantuan kelompok. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudussebanyak 8 siswa yang mempunyai pemahaman kerjasama kelompok belajar yang sangat rendah. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus Kerjasama Kelompok Belajar menunjukkan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 16 (32%).Siklus I Kerjasama Kelompok Belajar mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata skor 23 (46%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 14% dari pra siklus.Siklus II Kerjasama Kelompok Belajar dalam kategori baik dengan rata-rata skor 36 (72%) yang berarti ada peningkatan 26%.Peningkatan aktivitas peneliti mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 56 dalam kategori cukup dan pada Siklus II skor rata-rata 74 dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Kerjasama Kelompok Belajar mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 16 kategori sangat kurang, Siklus I skor rata-rata 23 kategori kurang dan Siklus II skor rata-rata 36 kategori baik.Hasil penelitian aktivitas peneliti pada siklus I skor rata-rata 56 (Cukup) dan pada Siklus II skor rata-rata 74 (Baik).Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompokdengan Teknik Sosiodrama efektif untuk meningkatkan Kerjasama Kelompok Belajar. Disarankan kepada: 1. Kepada Guru Pembimbing, agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berkaitan dengan kerjasama kelompok belajar kepada siswa secara intensif serta sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 2. Kepada Siswa, agar siswa terbantu dalam meningkatkan kerjasama dalam kelompok belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada Peneliti, mampu menyalurkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama melakukan penelitian dan dapat melakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai kerjasama kelompok belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo rahardjo, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Kelompok Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 03:31
Last Modified: 12 Nov 2016 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item