Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Berbantuan Media Gambar Kelas Iv Sdn 1 Prambatan Kidul

Tiyara, Rizka (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Berbantuan Media Gambar Kelas Iv Sdn 1 Prambatan Kidul. Skripsi Sarjana thesis, Unviersitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (510kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (752kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (119kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan motivasi belajar dalam pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat dengan penerapan model Problem Based Leraning pada siswa kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul. Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran dengan cara guru menyajikan suatu maslaah kepada siswa, kemudian gruu memberi kesempatan kepada siswa mendiskusikan masalah tersebut dalam sebuah kelompok kecil, di dalam kelompok tersebut siswa sharing informasi mengenai masalah sosial yang akhirnya siswa menemukan solusi atas masalah-masalah sosial tersebut, kemudian guru melakukan review terhadap solusi masalah dari siswa sekaligus merefleksi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan motivasi belajar siswa pada siswa kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian tidnakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui model Problem Based Learning dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS dan motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat sebagai berikut. (1) Keterampilan Guru pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 75% menjadi 87%. (2) Aktivitas Belajar siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 72% menjadi 81%. Dan (3) Motivasi Belajar siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 63,5% menjadi 83%. Simpulan dari penelitian ini yaitu model Problem Based Learning dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVSDN 1 Prambatan Kidul pada mata pelajaran IPS materi Masalah-masalah Sosial di Lingkungan Setempat. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya lebih aktif untuk berinteraksi dalam kegiatan belajar secara individu maupun kelompok, supaya pembelajaran dikelas berlangsung dengan baik. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Masalah Sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 03:46
Last Modified: 12 Nov 2016 03:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item View Item