Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaininng Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 2 Kayen

Puspitasari, Chandra (2016) Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaininng Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 2 Kayen. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.judul) - Accepted Version
Download (716kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (583kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (478kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (244kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN 2 Kayen, mendeskripsikan peningkatan pada ranah afektif dan psikomotor, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Kemampuan kognitif adalah kemampuan anak untuk mengingat dan memahami dengan memperoleh pengetahuan melalui pengalaman sendiri. Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk dapat mempresentasikan ide atau gagasan mereka pada teman-temannya sehingga memberikan kebebasan pada siswa untuk menuangkan pendapatnya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja, untuk membuat sesuatu terjadi dan untuk menimbulkan suatu perubahan. IPA adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berada di alam semesta ini bukan hanya penguasaan konsep-konsep tetapi juga proses penemuan secara sistematis dengan metode ilmiah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA materi energi di kelas IV SDN 2 Kayen”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Kayen Pati dengan subjek penelitian 28 siswa yang teridri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif siswa dengan rata-rata pada siklus I 75,67 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 85,5, peningkatan sebesar 9,83%, kemudian peningkatan yang signifikan juga terjadi pada hasil ranah afektif dengan rata-rata siklus I 77,18 (Baik) dan siklus II 85,27 (Sangat Baik) peningkatan sebesar 8,09%, hasil ranah psikomotor siklus I dengan rata-rata 77,82(Baik) dan siklus II 88,40 (Sangat Baik) dengan peningkatan sebesar 10,58%. Hasil keterampilan guru pada siklus I mendapat rata-rata 69% (Baik) sedangkan pada siklus II mendapatkan rata-rata 86% (Sangat Baik) dengan peningkatan sebesar 17%. Kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas IV SDN 2 Kayen dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan keterampilan guru. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa lebih berani mengungkapkan pendapatnya dan siswa lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 14 Nov 2016 01:41
Last Modified: 14 Nov 2016 01:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item