Peningkatan Keterampilan Proses Ipa Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas Iv Di Sd 3 Piji

Sa’idah, Ummi (2016) Peningkatan Keterampilan Proses Ipa Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas Iv Di Sd 3 Piji. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (622kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (42kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan peningkatan keterampilan proses IPA melalui model Project Based Learning berbantuan permainan tradisional dalam materi energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV di SD3 Piji. Keterampilan proses adalah keterampilan yang diperoleh dari kemampuan mental, fisik, dan sosial yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep, prinsip dan teori untuk mengembangkan konsep yang telah ada sebelumnya. Model Project Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam membuat suatu proyek.Permainan tradisional adalah permainan yang dijalankan secara turun temurun yang beredar secara lisan dan memiliki manfaat bagi pelaku yang memainkannya. Permainan tradisiona yang digunakan yaitu percobaan radiasi, konveksi, konduksi dan kapal uap sederhana untuk menerapkan energi panas dan drum plastik sederhana, gasing dari tutup botol, dan telepon sederhana untuk menerapkan energi bunyi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Project Based Learning berbantuan permainan tradisional dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV di SD 3 Piji. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Piji dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu model Project Based Learning berbantuan permainan tradisional. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses IPA. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu tes dan non tes. Untuk tes berupa tes tertulis, tes diuji validitasnya dengan menggunakan dua tim ahli. Sedangkan untuk teknik non tes yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru menerapkan model Project Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I presentase sebesar 81,25% dengan kriteria sangat baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 91,25% dengan kriteria sangat baik. Penilaian keterampilan proses meliputi penilaian hasil observasi keterampilan proses dan penilaian hasil tes keterampilan proses pada siklus I sebesar 71% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 80% dengan kriteria baik. Penilaian proyek siklus I sebesar 75% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 84,4% dengan kriteria sangat baik. Hal itu membuktikan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses IPA melalui model Project Based Learning berbantuan permainan tradisional pada siswa kelas IV di SD 3 Piji. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Piji dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan proses IPA melalui model Project Based Learning berbantuan permainan tradisional pada siswa kelas IV SD 3 Piji. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model Project Based Learning sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan proses siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses, Project Based Learning, Permainan Tradisional
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 06:14
Last Modified: 22 Nov 2016 06:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item