Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sd 3 Sambung Kudus

Sundari, Sri (2016) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sd 3 Sambung Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (767kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (671kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (209kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita anak. Model CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan tata bahasa. Kemampuan Menyimpulkan isi cerita anak merupakan suatu pengetahuan dalam menetapkan kemudian merangkai inti atau pokok-pokok cerita yang tujukan untuk anak-anak. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa serta menemukan peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SD 3 Sambung. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 3 Sambung dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model CIRC. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan menyimpulkan isi cerita anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan guru sebesar 81,81 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 87,27 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68,3 (baik) meningkat pada siklus II sebesar 85,3 (sangat baik). Hasil belajar menyimpulkan isi cerita anak ketuntasan klasikal 65% (sedang) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,25 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 85% (sangat baik) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78,15. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC dapat menigkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, serta hasil belajar menyimpulkan isi cerita anak di kelas V SD 3 Sambung. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model CIRC sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 08:45
Last Modified: 22 Nov 2016 08:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item