Penerapan Model Pembelajaran Numbered Headtogether Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Materi Operasi Perkalian Danpembagian Pada Siswa Kelas Iv Minu Mawaqi’ululum Medini Kudus

Shofiyana, Ulya (2016) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Headtogether Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Materi Operasi Perkalian Danpembagian Pada Siswa Kelas Iv Minu Mawaqi’ululum Medini Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (709kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (332kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (208kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi perkalian dan pembagian kelas IV MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Kudus. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV MI NU Mawaqi’ul Ulum. Hasil belajar adalah suatu kemampuan yang berupa keterampilan dan perilaku baru sebagai akibat dari latihan atau pengalaman yang diperoleh. Hasil belajar diperoleh seseorang sesudah mengikuti proses belajar. Numbered Head Together merupakan salah satu pembelajaran yang menitikberatkan pada tanggung jawab individu meskipun pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok. Model Numbered Head Together terdiri dari empat fase. Fase 1: Pengelompokan dan penomeran, Fase 2: Memberikan pertanyaan, Fase 3: Berpikir bersama, Fase 4: Menjawab. Hipotesis tindakan dalam penelitian penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi perkalian dan pembagian kelas IV MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Kudus. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Kudus dangan subjek penelitian 18 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model Numbered Head Together yaitu 64 dengan ketuntasan klasikal 33%. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar matematika siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,33 dengan ketuntasan klasikal 55,6%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,89 dengan ketuntasan klasikal 83,4%. Hasil belajar siswa aspek afektif, aspek psikomotorik dan keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, Hasil belajar aspek afektif siswa sebesar 65,13 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 75,15 dengan kriteria baik pada siklus II. Pada siklus I, hasil belajar aspek psikomotorik siswa sebesar 59,15 dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 81,24 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebsar 69% dengan kriteria baik. Hasil tersebut meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 78,5% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Kudus. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi perkalian dan pembagian. Peneliti menyampaikan saran-saran sebagai berikut: guru yang akan menerapkan model Numbered Head Together hendaknya menyampaikan materi prasyarat untuk mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Hasil Belajar, Operasi Perkalian dan Pembagian
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Dec 2016 01:51
Last Modified: 02 Dec 2016 01:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item