Analisis Strategi Bersaing pada Perusahaan Kecap Babon Kudus

Trianasari, Siti (2012) Analisis Strategi Bersaing pada Perusahaan Kecap Babon Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (223kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (85kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (498kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (78kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Pihak manajemen perusahaan kecap Babon Kudus perlu mengetahui faktor-faktor yang menjadi keunggulan sekaligus kelemahan dengan mengambil acuan kepada pesaingnya dan untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut, maka pihak manajemen diharuskan menerapkan konsep strategi pemasaran berdasarkan matrik BCG. Matrik BCG adalah matriks yang dibentuk secara khusus dalam rangka meningkatkan usaha-usaha perusahaan yang memiliki multidivisi dengan merumuskan strategi yang paling cocok (Husein Umar, 2007:200). Selain matriks BCG untuk mengidentifikasikan pesaing utama perusahaan kecap Babon Kudus serta kekuatan dan kelemahannya dalam kaitan dengan posisi strategis perusahaan maka digunakan Matriks Profil Persaingan (CPM atau Competitive Profile Matrix). Matriks Profil Persaingan (CPM atau Competitive Priofile Matrix) mengidentifikasikan pesaing utama perusahaan serta kekuatan dan kelemahannya dalam kaitan dengan posisi strategis perusahaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana strategi yang dilakukan oleh perusahaan kecap Babon Kudus berdasarkan matrik CPM ? dan (2) bagaimana pertumbuhan pasar (market growth) dan pangsa pasar (market share) dan strategi yang dilakukan oleh perusahaan kecap Babon Kudus berdasarkan matrik BCG ? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh perusahaan kecap Babon Kudus berdasarkan matrik CPM dan (2) untuk menganalisis pertumbuhan pasar (market growth) dan pangsa pasar (market share) dan strategi yang dilakukan oleh perusahaan kecap Babon Kudus berdasarkan matrik BCG Analisis yang digunakan adalah analisis BCG (Boston Consulting Group) dan analisis CPM (Competitive Profile Matrix). Hasil penelitian sebagai berikut : 1. Berdasarkan matriks CPM, perusahaan kecap Babon memiliki skor terendah pada faktor kritis sukses kualitas produk dan tertinggi pada faktor promosi. Strategi yang dilakukan adalah dengan menngkatkan kualitas bahan baku, kualitas produksi, citarasa, kekentalan agar dapat bersaing dengan perusahaan kecap lainnya. 2. Pada tahun 2009-2011, pertumbuhan pasar kecap se-Kabupaten Kudus secara berturut-turut berada pada interval 4,52% dan 9,34%, pada tahun 2009-2011, pangsa pasar kecap Babon secara berturut-turut berada pada interval 1,19x; 1,07x dan 1,09x, sehingga kecap Babon berada pada posisi sapi perah. Strategi yang dipakai oleh Kecap Babon adalah (harvest) merencanakan membatalkan investasi atau menjual produk untuk memperoleh kas atau dana. E. Daftar buku yang digunakan : 31 (Tahun 2001 – 2011).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Drs. H. Masluri, MM. pembimbing 11 = Drs. H. Chanafi Ibrahim, MM.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 09 Jan 2013 07:16
Last Modified: 09 Jan 2013 07:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item