Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus

SARI, PRAMITA (2017) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (352kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (507kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (175kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS, serta menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi, produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN 02 Tanjungrejo dengan diterapkannya model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing. Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang menggali potensi siswa dalam keterampilan membuat dan menjawab pertanyaan melalui melempar bola salju. Hasil belajar merupakan perubahan peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti dan memperoleh proses pembelajaran yang terdiri dari ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. IPS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai disiplin ilmu sosial. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterapkannya model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing diduga dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran IPS, serta diduga dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN 02 Tanjungrejo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Tanjungrejo, Kudus dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan mengajar guru pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan persentase rata-rata pada siklus I 83.15% (baik) dan siklus II 90.76% (sangat baik), peningkatan sebesar 7.61%, kemudian peningkatan yang terjadi pada hasil belajar ranah kognitif dengan rata-rata siklus I 77% (baik) dan siklus II 92.3% (sangat baik) peningkatan sebesar 15.3%, hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I 69.6% (baik) dan siklus II 81,05% (baik) peningkatan sebesar 11.45%%, hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 73.3% (baik) dan siklus II 82.5% (baik) dengan peningkatan sebesar 9.2%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas IV SDN 02 Tanjungrejo materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, transportasi serta pengalaman menggunakannya. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Tanjungrejo dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat setelah diterapkannya model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas IV SDN 02 Tanjungrejo materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, transportasi serta pengalaman menggunakannya. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik sehingga dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Feb 2018 03:53
Last Modified: 08 Feb 2018 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7899

Actions (login required)

View Item View Item