Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Monopoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Bulat

PONCOWATI, RESA (2017) Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Monopoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Bulat. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (683kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (687kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (360kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu media monopoli.Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapanan model Problem Based Learning berbantu media monopoli dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IV SDN Demangan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Demangan yang berjumlah 22 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Variabel penelitian ini yaitu pemecahan masalah matematika dan model Problem Based Learning berbantu media monopoli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu media monopoli dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I yaitu 71,54, dengan ketuntasan klasikal 68,18% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79,03 serta ketuntasan klasikal 81,82%. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I dengan skor rata-rata 2,56 pada kriteria baik ke siklus II menjadi 2,92 pada kriteria baik. Hasil pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran juga mengalami peningkatan, dari siklus I dengan skor rata-rata 2,72 pada kriteria baik ke siklus II meningkat menjadi 3,02 pada kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas IV SDN Demangan meningkat setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantu media monopoli. Saran dalam penelitian ini yaitu guru hendaknya menerapkan model Problem Based Learning dan menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran matematika, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Henry Suryo Bintoro,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita, Problem Based Learning, Monopoli, dan Bilangan Bulat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 02:09
Last Modified: 12 Feb 2018 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7980

Actions (login required)

View Item View Item