Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus

CHUSNA, FAUZIYATUL (2017) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 5 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (756kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (405kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (584kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (301kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SD 5 Loram Kulon. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran STAD adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh siswa dalam pembelajarannya berbentuk kelompok dalam suasana yang menyenangkan. Model pembelajaran STAD saat ini saat ini menjadi salah satu strategi penting dalam ruang kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division untuk peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 5 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Loram Kulon dengan subjek penelitian 13 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model STAD. Sedangkan variabel terikat adalah aktivitas dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. IPS merupakan mata pelajaran cabang dari beberapa ilmu sosial antara lain yaitu sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik hukum, dan budaya yang mengkaji tentang fakta, konsep yang saling berkaitan. Hasil penelitian terdapat peningkatan pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi, komunikasi dan transportasi. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I (81,24%) dan siklus II (90,83%). Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa siklus I (69,23%) dan siklus (92,3%), hasil belajar afektif siswa pada siklus I (72,56%) dan siklus II (85%), hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I (70%) dan siklus II (81,92%). Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Loram Kulon dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi, komunikasi dan transportasi kelas IV SD 5 Loram Kulon. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model STAD, guru hendaknya lebih melakukan pendalaman materi dengan permainan agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi, Komunikasi dan Transportasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 04:12
Last Modified: 13 Feb 2018 04:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8034

Actions (login required)

View Item View Item