WULANDARI, SENJA TRISTIANA (2017) EFEKTIVITAS PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK SLOW LEARNER. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (20kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (117kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan berpikir positif untuk mengingkatkan kepercayaan diri pada anak slow learner. Subjek penelitian ini adalah siswa SD X dan SD Y. SD X sebagai kelompok eksperimen dan SD Y sebagai kelompok kontrol. Jumlah subjek pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sama masing-masing berjumlah 18 anak.Rencana penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini merupakan desain dua kelompok, dua kelompok yang diamati yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada desain ini pengukuran dilakukan dua kali yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (posttest). Berdasarkan analisis dengan meggunakan teknik uji beda (t) diketahui hasil perbedaan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh koefisien beda dengan t sebesar -2,053 dengan p 0,048 (p < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri antara siswa yang mendapatkan pelatihan berpikir positif dengan siswa yang tidak mendapatkan pelatihan berpikir positif dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Pada hasil uji perbedaan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah di beri perlakuan diperoleh besarnya koefisien beda dengan t sebesar - 3,756 dengan p sebesar 0,002 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan pada kepercayaan diri siswa antara sebelum mendapatkan pelatihan berpikir positif dengan sesudah mendapatkan pelatihan berpikir positif, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa adanya perbedaan kepercayaan diri siswa antara sebelum mendapatkan pelatihan berpikir positif dengan sesudah mendapatkan pelatihan berpikir positif diterima.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Trubus Raharjo, S.Psi, M.Psi |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Berpikir Positif, Kepercayaan Diri, Slow Learner |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 08:55 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8509 |
Actions (login required)
View Item |