PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS IV SD 3 MAYONG LOR JEPARA

HIDAYAH, EFFIRA IFTIKHATUL (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS IV SD 3 MAYONG LOR JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (745kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (559kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (482kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis surat pribadi dengan menerapkan model think talk write berbantuan media flip chart pada siswa kelas IV SD 3 Mayong Lor. Menulis adalah suatu keterampilan berbahasa seseorang dalam menuangkan pikiran, ide, gagasan, serta perasaannya untuk dapat memunculkan pemahaman yang serupa dengan penulis pada benak pembaca dalam bentuk tulisan. Surat pribadi merupakan suatu alat komunikasi dua arah secara tertulis yang ditulis untuk kepentingan pribadi seseorang. Model pembelajaran think talk write yaitu suatu model pembelajaran yang lebih menekankan kepada siswa untuk berpikir, berbicara, kemudian mengkomunikasikan hasil dari pemikirannya dan menulisnya. Media pembelajaran flip chart adalah suatu media pembelajaran yang berupa kumpulan dari lembaran-lembaran kertas yang dijadikan satu menggunakan clip atau spiral. Pada penelitian ini Hipotesis penelitiannya adalah penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media flip chart untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar, serta keterampilan siswa menulis surat pribadi pada pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD 3 Mayong Lor Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SD 3 Mayong Lor dengan subjek penelitian 21 siswa. penelitian ini berlangsung selama II siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model think talk writedan media fllip chart. Variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis surat pribadi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancaea, observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil pada penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai keterampilan menulis surat pribadi pada siklus I (68,87%) selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak (77,38%). Keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh sebanyak 76% dengan kriteria “Baik” dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai sebanyak 83% dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada peningkatan aktivitas belajar siswa disiklus I memperoleh nilai rata-rata sebanyak 68,97% dengan kriteria “Cukup”, kemudian meningkat pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata sebanyak 76,93% dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dengan diterapkannya model pembelajaran think talk write berbantuan media flip chart pada siswa kelas IV SD 3 Mayong Lor Jepara. Saran yang peneliti berikan kepada guru yakni ketika pengelolaan kelas pada saat pembelajaran lebih ditingkatkan agar terciptanya suasana pembelajaran yang baik serta tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selanjutnya, saran peneliti untuk siswa yakni hendaknya siswa lebih meningkatkan rasa kepercayaan dirinya pada saat mengikuti pembelajaran di kelas, lebih berani, serta aktif pada saat mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Mila Rosya, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis Surat Pribadi, Think Talk Write, Flip Chart.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 03:35
Last Modified: 07 Jun 2018 03:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8974

Actions (login required)

View Item View Item