PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD 02 KARANGWOTAN PATI

ANAM, RIZZA NURUL (2018) PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD 02 KARANGWOTAN PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (398kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (189kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn. Hasil belajar merupakan perubahan tingkat penguasaan pemahaman siswa dan perilaku pada diri siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Peraturan Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah bagi siswa kelas V SD 02 Karangwotan Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 02 Karangwotan Pati dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 25 siswa. Variabel bebas adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus (65,62%), siklus I (74,55%), dan siklus II (83,03%). Hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga meningkat cukup signifikan antara prasiklus (52,00%), siklus I (64,00%), dan siklus II (80,00%), didukung dengan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif dari persentase siklus I (74,95%) menjadi (78,90%) di siklus II. Pada ranah psikomotorik dari persentase siklus I (74,71%) menjadi (78,21%) di siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar PKn siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas V SD 02 Karangwotan Pati Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Talking Stick, guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu ditindaklanjuti.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtoono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Talking Stick, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 04:31
Last Modified: 09 Jun 2018 04:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item