PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA SISWA KELAS V SD NGANGUK KUDUS

FITHROH, FU’ADATUL (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA SISWA KELAS V SD NGANGUK KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (722kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (545kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (545kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa pada materi menulis narasi dengan menggunakan model think talk write berbantuan media flipchart pada siswa kelas V SD Nganguk. Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang diawali melalui proses berpikir untuk mendapatkan sebuah ide serta gagasan yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran think talk writeberbantuan media flipchart. Model pembelajaran think talk write merupakan model pembelajaran yang melatih siswa dalam menulis. Model pembelajaran think talk write memiliki langkah yang sesuai dengan urutan di dalamnya, yakni think (berpikir), talk (berbicara), dan write (menulis). Media flipchart yaitu lembaran-lembaran kertas yang menyerupai kalender disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya.Penggunaannya tinggal membalik satu per satu sesuai dengan bagan pesan yang akan disajikan. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan selama 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Nganguk.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model tinktalk write dan media flipchart sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis narasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model think talk write berbantuan media flipchartdapat meningkatkan keterampilan menulis narasi, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan klasikal keterampilan menulis narasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siklus I dengan ketuntasan klasikal 55,56% dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 88,88%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 77% dan meningkat pada siklus II menjadi 88%; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi pada siklus I diperoleh pencapaian rata-rata 64,69% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,64%. Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model think talk write berbantuan media flipchartdapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V di SD 2 Nganguk Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: DRS.MASTURI,MM.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan menulis, Karangan narasi, Think Talk Write, Flipchart.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 25 Jun 2018 07:02
Last Modified: 25 Jun 2018 07:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item