PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL SD N 2 BRANTAKSEKARJATI

RATNASARI, SILVIA (2018) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL SD N 2 BRANTAKSEKARJATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (918kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (435kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (354kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (50kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran IPS dengan diterapkanya model Role Playing berbantu media Audiovisual kelas V SD N 2 Brantak sekarjati.Hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Model Role Playing atau bermain peran adalah sejenis permainan gerak yang didalamnya ada tujuan, aturan, dan edutaiment. Audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi video jenis media wayang orang. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar IPS dengan diterapkannya model Role Playing berbantu media Audiovisual pada siswa kelas V SD N 2 Brantaksekarjati. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD N 2 Brantaksekarjati dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah tes, wawncara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 58% dan siklus II 78,7%. Sedangkan peningkatan hasil belajar terdiri dari tiga ranah, ranah kognitif siklus I sebesar 56,5% dan siklus II sebesar 78,3%, ranah afektif siklus I 56,73%, dan siklus II sebesar 74,03%, ranah psikomotorik siswa siklus I sebesar 49,88% dan siklus II 87,5%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Role Playing menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Brantaksekarjati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dikelas V SD N 2 Brantaksekarjati, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing meggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 2 Brantaksekarjati

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Audiovisual, Hasil belajar, dan IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:12
Last Modified: 04 Jan 2019 03:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9238

Actions (login required)

View Item View Item