PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP SISWA KELAS V SD 1 PRAMBATAN KIDUL

USMAN, MUHAMAD (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP SISWA KELAS V SD 1 PRAMBATAN KIDUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (763kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (504kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (241kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS yang meliputi dua aspek yaitu keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Komik. Think Talk Write merupakan suatu model pembelajaran mendorong siswa berpikir, berbicara, kemudian menuliskan suatu tema atau topik tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Pembelajaran Think Talk Write dan media komik, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Komik pada IPS kelas V menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar setiap siklusnya. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 2,78 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,33 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar ranah kognitif klasikal siswa prasiklus sebesar 46,67% dengan rata-rata 64,67 meningkat pada siklus I menjadi 60,00% dengan rata-rata 68,83 dan siklus II meningkat sebesar 76,67% dengan rata-rata 71. Aktivitas belajar ranah afektif klasikal siswa siklus I sebesar 2,4 meningkat pada siklus II sebesar 2,78. Aktivitas belajar ranah psikomotorik klasikal siswa siklus I sebesar 2,43 meningkat pada siklus II sebesar 2,72. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Komikdapat meningkatkan keterampilan guru serta hasil belajar IPS siswa SD 1 Prambatan Kidul. Adapun saran yakni sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran agar pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik. Hendaknya siswa juga bisa lebih aktif mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Think Talk Write, IPS, Hasil Belajar, Media Komik.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:02
Last Modified: 04 Jan 2019 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9266

Actions (login required)

View Item View Item