PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SD 5 DERSALAM

MACHMUD HIDAYAT, MUHAMMAD (2018) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SD 5 DERSALAM. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (767kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (401kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (529kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (188kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD 5 Derslam Kudus melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Model pembelajaran Team Games Tournament adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan mengandung reinforcement. Langkah pembelajaran Team Games Tournament ada 5 yaitu penyampaian materi, belajar TIM, game, turnamen dan rekognisi TIM. Model Team Games Tournament ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi kelas V SD 5 Dersalam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pengelolaan pembelajaran oleh guru serta hasil belajar kognitif. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data nontes pengelolaan pembelajaran guru. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Tagrt yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penenlitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang teridi atas 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V SD 5 Dersalam Kudus. Jumlah siswa sebanyak 15 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Variabel penelitian ini mencakup hasil belajar dan ketrampilan guru dalam pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik tes digunakan untuk melihat hasil belajar kofnitif siswa setelah tindakan. Hasil pengamatan dianalisis dengan teknik kualitatif dan hasil belajar kognitif siswa dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan penerapan model teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD 5 Dersalam Kudus. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada I meningkat dari kondisi awal sebelum penelitian sebesar 21,4% menjadi 53% pada siklus I dan meningkat menjadi 94% pada siklus II. Sedangkan persentase ketrampilan guru dari 69,64% pada siklus I menjadi 82,14% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model teams games tournament teruji dapat meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan guru pada pembelajaran IPS. Berpijak pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru dapat mengembangkan model teams games tournament dalam pembelajaran, baik pada mata pelajaran maupun materi yang lain. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menginovasikan model teams games tournament dengan media lainnya ataupun dengan model lain yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih baik

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Team Games Tournament, SD 5 Dersalam
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:51
Last Modified: 04 Jan 2019 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9401

Actions (login required)

View Item View Item