PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD 1 MLATI KIDUL

MUNAWAROH, ANIS (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD 1 MLATI KIDUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (415kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (505kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (932kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (215kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul dengan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar. Model pembelajaran Make a Match adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara siswa diminta mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan. Gambar di artikan sebagai salah satu media grafis yang paling umum digunakan dalam proses pembelajaran karena sifatnya konkret. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar yang di wujudkan berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadinya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul dan keterampilan mengajar guru dengan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas V SD 1 Mlati Kidul. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match dan media gambar, variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 67% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah afektif siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,61 % (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 84,5% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah psikomotor siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 69,76% (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 80,42% (sangat tinggi). Keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siklus I sebesar 80,50% (sangat tinggi), meningkat menjadi 89,5% (sangat tinggi) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 1 Mlati Kidul materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia serta keterampilan mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Gambar, Hasil Belajar IPS, Keterampilan Mengajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:34
Last Modified: 04 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9437

Actions (login required)

View Item View Item