PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN PERMAINAN THE BOMB QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

ADI KOMALA, NISA (2018) PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN PERMAINAN THE BOMB QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (hal judul) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (571kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (931kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (586kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (39kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (252kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan model Time Token berbantuan permainan the bomb question dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD 5 Gondoharum, Jekulo, Kudus, (2) mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan model Time Token berbantuan permainan the bomb question dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD 5 Gondoharum, Jekulo, Kudus. Keberanian berpendapat merupakan kegagahan dan rasa tidak takut dalam mengungkapkan ide, anggapan, atau pemikirannya. Time Token adalah model pembelajaran yang menekankan pada kegiaatan berbicara atau berpendapat. Model pembelajaran Time Token menggunakan kupon berbicara sebagai jalan untuk berbicara atau berpendapat dalam pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Time Token berbantuan permainan the bomb question dapat meningkatkan keberanian berpendapat dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 5 Gondoharum. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas IV SD 5 Gondoharum Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Time Token berbantuan permainan the bomb question sedangkan variabel terikatnya adalah Keberanian Berpendapat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keberanian berpendapat siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem rangka manusia dari siklus I sebesar 54% (cukup berani) menjadi 75% (berani) pada siklus II. Keberanian berpendapat siswa memiliki hubungan berbanding lurus dengan hasil belajar kognitif siswa. Ketika keberanian berpendapat meningkat, hasil belajar kognitif juga meningkat. Selain itu juga terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 68% (baik) menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Time Token berbantuan permainan The Bomb Question dapat meningkatkan keberanian berpendapat siswa dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD 5 Gondoharum.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Time Token, The Bomb Question, Keberanian Berpendapat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:23
Last Modified: 04 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item View Item