PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD 5 JEPANG MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGBERBANTUAN MEDIA MINIATUR VOLUME BANGUN RUANG

NAFISAH, AINUN (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD 5 JEPANG MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGBERBANTUAN MEDIA MINIATUR VOLUME BANGUN RUANG. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (935kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (389kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (757kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (949kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (180kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa, kurangnya keterampilan dasar mengajar guru, dan kurangnya aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD 5 Jepang, meningkatkan keterampilan mengajar guru, serta meningkatkan aktivitas siswa melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media miniatur volume bangun ruang. Model CTL mampu menghadirkan pembelajaran sesuai dengan konteks nyata sehingga siswa memperoleh pengalaman dalam belajar. Sedangkan media miniatur volume bangun ruang akan membantu siswa melakukan berbagai aktivitas belajar yang dapat mengkonstruksi pengetahuan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan pada masing-masing siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SD 5 Jepang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen tes divalidasi menggunakan expert judgment kemudian diuji validitasnya menggunakan product moment serta uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 61,22% (kurang) pada siklus I menjadi 83,67% (baik) pada siklus II, (2) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 76%(cukup) pada siklus I dan 82,5% (baik) pada siklus II, (3) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase 66% (kurang) pada siklus I dan 76,22% (cukup) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL berbantuan media miniatur volume bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, keterampilan mengajar guru, dan juga aktivitas siswa. Peneliti menyarankan untuk menggunakan model CTL berbantuan media miniatur volume bangun ruang pada materi volume pada kelas V agar siswa memperoleh pengalaman secara nyata saat belajar sehingga siswa mampu memahami materi dengan mudah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Koneksi Matematis, Media Miniatur Volume Bangun Ruang
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:56
Last Modified: 02 Jan 2019 06:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9499

Actions (login required)

View Item View Item