PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014)

RAHAYU, PUJI (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (450kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (128kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak suatu perusahaan. Karakteristik perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, laverage, profitabilitas, market to book ratio, inventory intensity, dan kepemilikan mayoritas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 35 sampel perusahaan yang dijadikan sebagai kriteria selama tahun 2010-2014. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis persamaan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, laverage, inventory intensity dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, artinya besar kecilnya ukuran dan kewajiban suatu perusahaan dan semakin tinggi tingkat corporate social responsibility akan mempengaruhi tingkat agresivitas pajak di setiap perusahaan. Laverage dalam hal ini memanfaatkan utang untuk meminimalkan beban pajak perusahaan bahakn cenderung mengarah agresif terhadap pajak perusahaan. Sedangkan profitabilitas, market to book ratio dan kepemilikan mayoritas tidak memiliki pengaruh terhadap agresivitas pajak, artinya perusahaan lebih memilih meningkatkan laba daripada memenuhi beban pajak dan ketika pertumbuhan saham perusahaan menurun maka investor akan enggan berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nafi’ Inayati Zahro, SE, M.Si,
Uncontrolled Keywords: : Karakteristik Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Agresivitas Pajak, Effective Tax Rate.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 01:24
Last Modified: 02 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9681

Actions (login required)

View Item View Item