Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v Sdn gugus melati karangmalang gebog Pada tema lingkungan sahabat kita

Astuti, Laila Dwi (2019) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v Sdn gugus melati karangmalang gebog Pada tema lingkungan sahabat kita. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img] PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (475kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (657kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (271kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen, (2) mendeskripsikan perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menerima pembelajaran model PBL (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada siswa yang menerima pembelajaran berpusat pada guru (kelas kontrol). Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menyajikan permasalahan kepada siswa untuk dipecahkan yang bertujuan menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis merupakan cara seseorang berpikir untuk mengambil keputusan yang dapat diterima dan masuk akal. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Melati Karangmalang Gebog Kudus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD 4 Karangmalang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD 1 Karangmalang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linier dan uji t. Adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (SD 4 Karangmalang). Hasil tersebut sesuai dengan uji regresi linear bahwa rxyhitung > rxytabel 1% > rxy tabel 5% (0,87 > 0,684 > 0,553) yang menunjukkan bahwa model PBL memiliki pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 75,69% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (SD 4 Karangmalang). Hasil rumusan yang kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa diberi model pembelajaran PBL (kelas eksperimen) dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi pembelajaran berpusat pada guru (kelas kontrol), hasil tersebut sesuai dengan uji t yang menunjukkan bahwa thitung (1,27) < ttabel (2,04). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa model PBL memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen (SD 4 Karangmalang) yang diberikan pembelajaran model PBL dengan siswa kelas kontrol (SD 1 Karangmalang) yang diberi model pembelajaran teacher center.

Item Type: Skripsi/ Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, M.Pd Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis dan Model Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:02
Last Modified: 22 Sep 2020 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item