Penerapan model problem based-learning berbantuan media konkret untuk peningkatan hasil belajar pada tema 7 kebersamaan

ISTIAWATI, ANI (2019) Penerapan model problem based-learning berbantuan media konkret untuk peningkatan hasil belajar pada tema 7 kebersamaan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang berkualitas akan menjadikan siswa yang berkualitas pula, dengan menerapkan kurikulum yang baru diharapkan pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan kritis. Permasalahan dalam penelitian ini yakni lemahnya proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media konkret, (2) meningkatkan aktivitas siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media konkret, dan (3) meningkatkan pengetahuan siswa dengan menerapkam model Problem Based Learning berbantuan media konkret pada tema 7 kebersamaan pada muatan Bahasa Indonesia dan Matematika di kelas II SD 2 Rendeng Kudus. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas II SD 2 Rendeng yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 6 siswa putri dan 7 siswa putra. Fokus Penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Tema 7 melalui model Problem Based Learning berbantuan media konkret meningkat. Hasil pengetahuan siswa siklus I yakni 70 kriteria cukup, siklus II menjadi 80.58 dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa siklus I yakni 74.51 dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II yakni 86.77 kriteria baik. Persentase keterampilan guru pada siklus I yakni 67% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 81% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas II SD 2 Rendeng dapat dislimpulkan bahwa model Problem Based-Learning berbantuan media konkret pada tema 7 dapat meningkatkan pengetahuan siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based-Learning, Media Konkret, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:08
Last Modified: 14 Oct 2020 03:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item