Penerapan model meaningful instructional design Berbantuanmedia geoboard untukmeningkatkan Pemahaman konsepmatematisdan rasa ingin tahusiswakelas iv sd garunglor kudus

KHAYAT, NU’IM (2019) Penerapan model meaningful instructional design Berbantuanmedia geoboard untukmeningkatkan Pemahaman konsepmatematisdan rasa ingin tahusiswakelas iv sd garunglor kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran masih menekankan pada hafalan rumus yang menyebabkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kurang. Hasil observasi juga menunjukan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah dan rasa ingin tahu siswa perlu ditingkatkan karena akan berdampak pada prestasi belajar siswa yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbantuan media Geoboard lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Ekspositori materi bangun datar segiempat kelas IV SD Garung Lor Kudus. Meaningful Instructional Design adalah pembelajaran yang mengutamakan kebermaknaan belajar dan efektivitas dengan cara membuat kerangka kerja secara konseptual kognitif. Geoboard adalah alat peraga atau media yang terbuat dari papan berpaku yang akan dibentuk dengan karet gelang untuk menunjang penjelasan materi geometri. Penelitian kuantitatif ini akan dilaksanakan di kelas IV SD Garung Lor Kudus dengan Subjek penelitian 42 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama 8 pertemuan dengan 4 kali dikelas kontrol dan 4 kali dikelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan non tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif berupa uji normalitas data, uji homogenitas data, uji kesamaan rata-rata, uji independent sample t-test, N-gain dan rata-rata ketuntasan klasikal. Hasil penelitian membuktikan bahwa perolehan nilai signifikansi uji Mann Whitney U sebesar 0,000 < 0,05 pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan peningkatan N-Gainkelas eksperimen sebesar 0,48 dan kelas kontrol sebesar 0,06 dan nilai skor rata-rata ketuntasan klasikal pada kemampuan rasa ingin tahu siswa dengan peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 80,95% dan kelas kontrol sebesar 66,67%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa pada materi bangun datar segi empat kelas IV SD Garung Lor Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Meaningful Instructional Design, Pemahaman Konsep Matematis, Rasa Ingin Tahu, Geoboard.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:11
Last Modified: 14 Oct 2020 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item