ULINNIHAYAH, ULINNIHAYAH (2019) Penerapan model pembelajaran think pair share dengan berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku kelas iv Di sdn 2 dersalam bae kudus muatan Bahasa indonesia dan ppkn. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (621kB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version Download (109kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (218kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (241kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Penerapan Model Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV di SD 2 Dersalam Muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Model pembelajaran Think pair share yaitu model pembelajatan yang dapat mengembangkan keterampilan berfikir dan menjawab dalam komunikasi antara satu dengan yang lain, serta bekerja saling membantu dalam kelompok kecil.Hasil belajar merupakan kulminasi dari suatu proses yang telah dilakukan dalam belajar.Penelitan ini menggunakan media gambar. Media gambar merupakan media pembelajaran yang menyalurkan pesan lewat indera pandang atau penglihatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 20 yang terdiri siswa laki-laki 15 dan siswa perempuan 5. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajatan kooperatif Think Pair Share (TPS). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV di SD 2 Dersalam Kudus yang memuat mata pembelajaran tema 6 Cita-citaku materi Bahasa Indonesia dan PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatkan dalam pembelajaran. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 70% (Sedang), pada siklus II mengalami pengingkatan menjadi 83% (Tinggi). Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 67% (Sedang) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 75% (Tinggi). Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 64% (Sedang), dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% (Tinggi). Hasil aspek keterampilan pada siklus I memperoleh persentase 68% (Sedang), dan pada siklus II mengalami peningkat sebesar 76% (Tinggi). Sedangkan hasil aspek sikap pada siklus I memperoleh persentase 67% (Sedang), pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 73% (Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Dersalam Kudus dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share dengan bantuan media gambar dapat meningkatan keterampilan guru aktivitas belajar, hasil belajar siswa, keterampilan belajar siswa dan sikap siswa pada proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 M.Noor Ahsin, M.Pd Pembimbing 2 Deka Setiawan, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Think Pairs Share (TPS), Hasil Belajar, Media gambar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:22 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12724 |
Actions (login required)
View Item |