Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sd dengan menggunakan model realistic Mathematics educationdengan Berbantuan kotak ajaib

ARIYANI, YULIDA (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sd dengan menggunakan model realistic Mathematics educationdengan Berbantuan kotak ajaib. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Mata pelajaran matematika di sekolah dasar, maka perlu adanya perhatian khusus pada pelaksanaan pembelajaran matematika. Perhatian itu dapat dilakukan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran matematika. Kualitas pembelajaran matematikaakan baik jika perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran baik pula. Penelitian ini bertujuan(1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model RME berbantuan kotak ajaib pada kelas V SD 4 Dersalam; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam kemampuan pemecahan masalah materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model RME berbantuan kotak ajaib pada kelas V SD 4 Dersalam; dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam memecahkan masalah materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model RME berbantuan kotak ajaib pada kelas V SD 4 Dersalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan pada masing-masing siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SD 4 Dersalam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen tes divalidasi menggunakan expert judgment kemudian diuji validitasnya menggunakan product moment serta uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 76,92% (baik) pada siklus I menjadi 88,46% (baik) pada siklus II, (2) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 76%(cukup) pada siklus I dan 82,5% (tinggi) pada siklus II, (3) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase 65,24% (kurang) pada siklus I dan 70,64% (kurang) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model RME dengan berbantuan media kotak ajaib dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru, dan juga aktivitas siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah,Model RME, Kotak Ajaib
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:16
Last Modified: 21 Oct 2020 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item