Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis materi perkalian dan pembagian pecahan melalui Model problem-based learning berbantuan Alat peraga persegi pecahan

WENING, INDAH SARI (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis materi perkalian dan pembagian pecahan melalui Model problem-based learning berbantuan Alat peraga persegi pecahan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, kurangnya keterampilan mengajar guru, dan kurangnya aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD 2 Mlati Lor, meningkatkan keterampilan mengajar guru, serta meningkatkan aktivitas siswa pada materi perkalian dan pembagian pecahan melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga persegi pecahan.Model PBL mampu menghadirkan pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk siswa belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Sedangkan alat peraga persegi pecahan akan membantu siswa melakukan berbagai aktivitas belajar yang dapat mengkonstruksi pengetahuan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan pada masing-masing siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SD 2 Mlati Lor. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes divalidasi, kemudian diujicobakan untuk diketahui oleh ahli, validitasnya menggunakan product moment serta diuji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 71,43% (cukup) pada siklus I menjadi 85,71% (sangat baik) pada siklus II, (2) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 76% (cukup) pada siklus I dan 82,5% (baik) pada siklus II, (3) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase 67% (kurang) pada siklus I dan 75% (cukup) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan alat peraga persegi pecahan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru, dan juga aktivitas siswa. Peneliti menyarankan untuk menggunakan model PBL berbantuan alat peraga persegi pecahan pada materi perkalian dan pembagian pecahan pada kelas V agar siswa memperoleh pengalaman secara nyata saat belajar sehingga siswa mampu memahami materi dengan mudah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Alat Peraga Persegi Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2020 05:12
Last Modified: 22 Oct 2020 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item