Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model student teams achievement division (stad) berbantuan media komik pada siswa kelas iv sd 4 dersalam tema kayanya negeriku

RATNASARI, FITRI (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model student teams achievement division (stad) berbantuan media komik pada siswa kelas iv sd 4 dersalam tema kayanya negeriku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model STAD berbantuan media komik pada siswa kelas IV SD 4 Dersalam Tema Kayanya Negeriku. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang melalui proses analisis dan evaluasi yang berhubungan dengan permasalahan yang ada. Student Teams Achievement Division adalah strategi pembelajaran dengan cara membentuk kelompok untuk meningkatkan rasa saling bekerja sama dalam menyelesaikan tujuan pembelajaran. Hipotesis penelitian ini adalah model pembelajaranSTAD berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa muatan Bahasa Indonesia dan IPS kelas IV SD 4 Dersalam Tema Kayanya Negeriku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Dersalam dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Variabel bebasnya adalah Student Teams Achievement Division, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Instrument penelitian menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur dari 2 aspek pembelajaran. Pada siklus I dan siklus II, keterampilan guru 68% menjadi 83%. Aktivitas belajar siswa siklus I 71% menjadi 87% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I aspek pengetahuan 60% dan aspek keterampilan 74%. Pada siklus II mengalami peningkatan, aspek pengetahuan mencapai 87% dan aspek keterampilan 86%. Hal ini membuktikan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media komik pada siswa kelas IV SD 4 Dersalam Tema Kayanya Negeriku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media komik pada siswa kelas IV SD 4 Dersalam Tema Kayanya Negeriku. Oleh karena itu, penerapan model STAD berbantuan media komik membuat guru lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Sucipto, M.Pd. Kons Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Aktivitas Belajar, Media Komik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Oct 2020 03:10
Last Modified: 31 Oct 2020 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12782

Actions (login required)

View Item View Item