Syifa', Amrita (2019) Teaching simple past and present perfect tense by using sholawat badar song notation to tenth grade students of ma nu banat kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
COVER.pdf - Published Version Download (668kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version Download (310kB) | Preview |
Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Mengajar tenses di Sekolah Menengah Atas seorang guru membutuhkan cara yang berbeda untuk membuat murid faham. Pada kenyataanya, mengacu pada observasi penulis, banyak murid yang masih bingung dan tidak mengetahui nama, fungsi, dan rumus tenses karena mereka memiliki masalah pada penghafalan rumus yang banyak dan sulit untuk dihafal. Pada proses pembelajaran dan pengajaran tenses, murid biasanya mengalami kesulitan pada rumusnya. Lagu adalah salah satu media pembelajaran dengan aktifitas mendengarkan yang memiliki manfaat yang luas. Lagu juga memiliki bagian esensial dalam pertumbuhan dan pembelajaran bahasa (Nihada 2016, p.40). Jadi, penulis memilih Sholawat Badar Song Notation sebagai media lagu untuk mengajar tenses. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan tenses pada Simple Past dan Present Perfect Tense pada kelas X MA NU Banat Kudus sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan media Notasi Lagu Sholawat Badar. Model pada penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan pre-test dan post-test pada satu kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XIPS 2 dengan jumlah siswa 36. Instrument penelitian menggunakan test dengan jumlah soal 20. Untuk menganalisa data dengan menggunakan Mean (Rata-rata), Simpangan Pokok, dan Uji Hipotesis menggunakan t-test. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa rata-rata dari pre-test adalah 54 dan simpangan pokok 11. hasil tersebut dapat diklasifikasikan sebagai “cukup”. Sedangkan rata-rata dari post-test adalah 81.6 dan simpangan pokok 10.5. hal tersebut dapat diklasifikasikan sebagai “baik”. Untuk uji hipotesis memperoleh t(obtained) 14.7dan df = 35 dan tingkat signifikan (sgaj) = 0.05. penulis menyimpulkan bahwa null hipotesis (H0) ditolak dan alternatif hipotesis (Ha) diterima, karena t(obtained) jatuh pada critical region. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan tenses pada Simple Past dan Present Perfect Tense pada kelas X di MA NU Banat Kudus sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan media Notasi Lagu Sholawat Badar. Jadi, media Notasi Lagu Sholawat Badar dapat menjadi cara alternatif untuk mengajar tenses dalam meningkatkan penguasaan tenses pada Simple Past dan Present Perfect Tense pada kelas X di MA NU Banat Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Hilal madjdi, M.Pd Farid Noor Romadhon, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Penguasaan Tenses, Media NotasiLaguSholawatBadar, Simple Past dan Present Perfect Tense |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 04:36 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 04:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12806 |
Actions (login required)
View Item |