The motivation of the fifth grade students of sd n kayuapu in learning english through cartoon movie in academic year 2019/2020

MULYANINGTYASTUTI, KURNIA (2019) The motivation of the fifth grade students of sd n kayuapu in learning english through cartoon movie in academic year 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal.judul]
Preview
Text (Hal.judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Motivasi adalah faktor yang penting untuk melakukan suatu hal atau untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan, film kartun adalah suatu gambar bergerak yang mengungkapkan suatu tema, ide, atau cerita tertentu. Film kartun dapat membantu para siswa untuk memelajari bahasa dengan lebih mudah dengan cara yang menarik, dan mengesankan daripada materi yang diasa dicetak di buku – buku. Untuk mendukung motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, penulis menggunakan film kartun sebagai media dalam pembelajaran bahasa Inggris karena para murid saat ini tidak memiliki kepercayaan diri untuk tampil di depan kelas atau untuk menjawab pertanyaan, mereka tidak memerhatikan guru dan memiliki perhatian atau minat yang rendah untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi motivasi siswa dan untuk menjelaskan motivasi siswa kelas lima, SD N Kayuapu dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui film kartun pada tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan kuesioner dan observasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Penulis memilih murid kelas lima dari SD N Kayuapu yang berjumlah 21 orang. Penulis mengajar mereka sendiri selama dua kali, karena murid – murid itu belum pernah mendapatkan pengajaran dengan menggunakan film kartun. Kemudian, penulis menganalisis hasil dari kuesioner dan observasi kedalam persentasi dan deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dari murid kelas lima dari SD N Kayuapu dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui film kartun pada tahun ajaran 2019/2020paling dipengaruhi oleh faktor extrinsic yang memiliki hasil 95.23%. Murid kelas lima dari SD N Kayuapu dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui film kartun sangat termotivasi. Hasil dari observasi dan lembar observasi menunjukkan bahwa mereka mendapatkan kepercayaan diri untuk tampil di depan kelas dan menjawab pertanyaan, sebagian besar dari mereka memperhatikan guru yang mengajar sehingga mereka dapat mengerti materi yang disampaikan dan mendengarkan perintah guru dengan baik. Oleh karena itu, penulis berharap bahwa penelitian ini dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris sebagai media untuk memperkaya referensi tentang motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris melalui film kartun pada siswa kelas lima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr.A. Hilal Madjdi, M.Pd. Pembimbing 2: Mutohhar, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Film Kartun, Pembelajaran Bahasa Inggris.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:53
Last Modified: 03 Nov 2020 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item