SAPUTRO, MUHSHON RAGIL (2019) The students’ perception of english as “lintas minat” subject of sma n 1 kayen pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
CHAPTER 1.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Saat ini banyak sekolah di Indonesia yang menerapkan kurikulum terbaru yakni Kurikulum 2013 untuk administrasi peraturan mereka. Struktur Kurikulum 2013 tediri atas konten umum, konten akademis peminatan, dan konten akademis lintas minat. Siswa bebas memilih kelompok mata pelajaran lintas minat. Tapi, pada kenyataannya siswa SMA N 1 Kayen tidak dapat memilih kelompok mata pelajaran lintas minat sesuai dengan ketertarikan mereka masing-masing. Mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat adalah salah satu yang dihadirkan di sekolah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa-siswi SMA N 1 Kayen terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat. Pada penelitian ini, penulis memodifikasi indikator persepsi siswa dari Slameto (2010) yang dimodifikasi Muhfiyanti (2018), dan lebih kepada pengalaman siswa, ketertarikan siswa, dan kesulitan yang dihadapi siswa. Jenis penelitian ini merupakan Kualitatif (Studi Kasus. Data dari penelitian ini adalah persepsi siswa-siswi terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa-siswi dari kelas XI IPS 4 di SMA N 1 Kayen Pati pada tahun ajaran 2018/2019. . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa-siswi tersebut memiliki kategori persepsi yang tinggi senbesar 65.71%, kategori persepsi yang netral sebanyak 30.30%, dan kategori persepsi yang rendah sebanyak 3.99%. Ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 4 SMA N 1 Kayen memiliki persepsi yang baik terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat. Penulis berharap akan ada penulis selanjutnya yang mengadakan penelitian yang mirip dan lebih dalam terkait dengan mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat. Penulis berharap agar siswa dapat melanjutkan respon positif mereka bahkan sebelum mulai pelajaran. Siswa dapat menyikapi Bahasa Inggris Lintas Minat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan bakat, minat, dan kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa inggris. Dan untuk guru, ini merupakan hal yang positif untuk tetap melanjutkan Bahasa Inggris Lintas Minat untuk tetap muncul menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah ini. Meskipun, guru bisa mengadakan evaluasi terkait kesulitan yang dihadapi siswa dalam mata pelajaran ini seperti tugas yang sering diberikan disesuaikan dengan kemampuan dari siswa tersebut.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr. Rismiyanto, S.S, M.Pd. pembimbing 2; Mutohhar, S. Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Persepsi, mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:20 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12824 |
Actions (login required)
View Item |