Pengaruh model discovery learning berbantuan media anyaman terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

BAROROH, NASIFATUL (2019) Pengaruh model discovery learning berbantuan media anyaman terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SD 1 Kesambi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengujirata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbatuan media anyaman lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran; (2) untuk menguji kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerima pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan media anyaman dapat memenuhi ketuntasan belajar; (3) untuk menguji perbedaan selisih proporsi siswa yang tuntas sebelum dan sesudah diajar dengan model Discovery Learning berbantuan media anyaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan the one group pretest posttest design yang dilaksanakan di SD 1 Kesambi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran discovery learning berbantuan media anyaman, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 1 Kesambi yang juga merupakan sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh yang termasuk dalam teknik sampling non probability sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa ter tertulis yaitu uraian, untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan uji paired sample, uji ketuntasan belajar dengan uji t dan uji z, dan uji selisih proporsi menggunakan uji z. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbatuan media anyaman lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran; (2) hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mencapai ketuntasan belajar siswa sebesar 75%; (3) terdapat perbedaan selisih proporsi siswa yang tuntas sebelum diajar model pembelajarandiscovery learning berbantuan media anyaman dengan siswa yang telah diberikan model pembelajarandiscovery learning berbantuan media anyaman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media anyaman terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas IV SD 1 Kesambi pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana. Adapun saran pada penelitian ini yaitu agar penelitian lebih lanjut mampu mengembangkan instrumen tes pada soal penelitian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd., M. Pd Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Anyaman, Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:54
Last Modified: 03 Nov 2020 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item