Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan video animasi pada tema kayanya negeriku kelas iv sdn 1 ternadi

Hanafi, Ahmad (2019) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan video animasi pada tema kayanya negeriku kelas iv sdn 1 ternadi. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia dan IPS melalui penerapan model problem solving berbantuan video animasi tema 9 kayanya negeriku subtema 3 pelestarian sumber daya alam di Indonesia kelas IV SDN 1 Ternadi. Agar dapat memancing siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, diantaranya yaitu dengan menguasai materi dan menggunakan berbagai model serta media pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar lebih variatif dan bermakna. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu mengajak siswa memecahkan amsalah yaitu problem solving. Pembelajaran model problem solving adalah suatu penyajian materi pelajaran dengan menghadapkan siswa kepada persoalan yang harus dipecahkan atau diselesaikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media yang digunakana dalah video animasi. Kemampuan film dan video melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dengan perolehan penilaian mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa jugamengalami peningkatan denganberada pada kriteria sangat baik, serta hasil belajar juga mengalami peningkatan karena mencapai ketuntasan klasikal ≥ 70%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Ternadi dapat disimpulkan keefektifan model problem solving berbantuan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPS dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Moh. Kansunnudin, M.Pd.. Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Solving, Tema 9 Kayanya Negeriku, Video Animasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:13
Last Modified: 03 Nov 2020 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12842

Actions (login required)

View Item View Item