Penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media question card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tema kayanya negeriku siswa kelas iv sd 1 payaman kudus

CAHYANI, ARUM FITRI (2019) Penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media question card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tema kayanya negeriku siswa kelas iv sd 1 payaman kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstrak

Berpikir kritis merupakan suatu cara berpikir menggunakan logika untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dan membuat keputusan yang masuk akal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan model Think Pair Share berbantuan media Question Card dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 1 Payaman pada tema Kayanya Negeriku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Payaman Kudus dengan subjek penelitian adalah 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 71% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 83% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 88% dengan kriteria baik. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I muatan PPKn mendapat nilai rata-rata 75,86 dengan ketuntasan klasikal 72% dengan kriteria kurang. Muatan Bahasa Indoneisa mendapatkan nilai rata-rata 76,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 69% dengan kriteria kurang, pada siklus II pada muatan PPKn mendapatkan nilai rata-rata 82,55 dengan ketuntasan klasikal 93% dengan kriteria sangat baik, pada muatan Bahasa Indonesia mendapatkan nilai rata-rata 82,72 dengan ketuntasan klasikal 90% dengan kriteria baik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model Think Pair Share berbantuan media Question Card dapt meningkatkan kemampuan berpikir krtis pada tema Kayanya Negeriku siswa kelas IV SD 1 Payaman. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Question Catd sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Ristiyani, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Think Pair Share, Question Card.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:37
Last Modified: 03 Nov 2020 04:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12843

Actions (login required)

View Item View Item