Penerapan model savi (somatic, auditory, visualization, intellectually) berbantuan benda konkret untuk peningkatan berpikir kreatif tema 8 Kelas v sdn 2 mlati lor kudus

SHAKILA, YUNIAFI NEINA (2019) Penerapan model savi (somatic, auditory, visualization, intellectually) berbantuan benda konkret untuk peningkatan berpikir kreatif tema 8 Kelas v sdn 2 mlati lor kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran dikatakan efektif apabila siswa mampu mengembangkan kemampuan dalam berpikir. Hal ini ditunjukkan siswa belum mampu menganalisis pertanyaan yang diajukan oleh guru dan sebagian siswa menjawab dengan panduan buku, sehingga belum mampu mengembangkan dan menyimpulkan hasil jawabannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V dengan penerapan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan media benda konkret pada pembelajaran tema 8 lingkungan sahabat kita muatan bahasa indonesia dan IPA kelas V SDN 2 Mlati Lor. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Mlati Lor Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yang diteliti yaitu model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)dan media benda konkret, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil kognitif prasiklus dengan rata-rata klasikal 68,63 (perlu bimbingan) dan siklus I mencapai 81,81 (cukup) dan siklus II meningkat 88,82 (baik). Aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 72,90 (perlu bimbingan) dan meningkat pada siklus II mencapai 82,56 (cukup). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I mencapai 75 (cukup) dan siklus II mencapai 83,33 (baik). Simpulan pada penelitian ini yakni dengan diterapkannya model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan benda konkret dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 2 Mlati Lor Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Benda Konkret, Berpikir Kreatif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:36
Last Modified: 03 Nov 2020 05:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item