SARI, MARITA VERONIKA (2019) Peningkatanberpikir kritis siswa menggunakan Model contextual teaching and learning Berbantuan benda konkret Di sd 4 terban kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (904kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (234kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (322kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan benda konkret di SD 4 Terban Kudus tema daerah tempat tinggalku. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata serta mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiikinya dengan penerapan kehidupan mereka sehari-hari. Media konkret adalah media nyata untuk memperjelas konsep sehingga dapat menumbuhkan pemahaman konsep yang matang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 4 Terban Kudus dengan subjek penelitian 47 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengajar siklus I mencapai rata-rata 73 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 87,4 dengan kriteria baik. Berpikir kritis siswa juga menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 74,19 dengan cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 79,63 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa aspek sikap pada siklus I mencapai nilai rata-rata 78,90 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai rata-rata 85,29 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada aspek keterampilan juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 78,61 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 84,62 dengan kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan benda konkret dapat meningkatkan berpikir kritis siswa di SD 4 Terban Kudus. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan benda konkret sehingga dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd,. M.Pd. Pembimbing 2 Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Contextual Teaching and Learning, Benda Konkret. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 05:43 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 05:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12847 |
Actions (login required)
View Item |