Pengaruh model savi berbantuan papercraft terhadap pemecahan masalah matematis Peserta didik kelas iv

Kusumastuti, Ina (2019) Pengaruh model savi berbantuan papercraft terhadap pemecahan masalah matematis Peserta didik kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Memecahkan sebuah masalah merupakan hal utama yang harus dilakukan seorang individu. Pada mata pelajaran matematika kemampuan dan keterampilan pemecahan sangat dibutuhkan sebagai tolak ukur tinggi rendahnya pemahaman peserta didik terhadap masalah, kreativitas, dan daya pikir dalam menanggapi sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan (1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, (2) menguji perbedaan kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang telah mencapai KKM, (3) menguji perbedaan proporsi kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang tuntas mengikuti pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif primer eksperimen. Penelitian inidilaksanakan dengan subjek penelitian 20 untuk kelas eksperimen dan 21 peserta didik untuk kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model SAVI berbantuan media pappercraft, sedangkan variabel terikatnyayaitu kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan uji t atau independent sample T-Test dan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya perbedaan rata-rata kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran SAVI dengan pembelajaran konvensional, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik lebih dari 75 dan keterampilan pemecahan masalah tidak lebih dari 75, (3) proporsi kemampuan dan keterampilan peserta didik yang mengikuti pembelajaran SAVI lebih baik dari pada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Simpulan dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang mengikuti pembelajaran SAVI berbantuan media pappercraft lebih baik. Sedangkan saran yang diberikan adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media pappercraft pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ratri rahayu, S.Pd.,M,Pd
Kata Kunci: Keliling dan Luas Bangun Datar Sederhana, Pappercraft,Pemecahan Masalah, SAVI.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:52
Last Modified: 03 Nov 2020 05:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item