The student’s writing ability in descriptive text of tenth grade of ma pim mujahidin bageng gembong pati taught by using facebook in academic year 2019/2020

FIDIYAWATI, MAYA (2019) The student’s writing ability in descriptive text of tenth grade of ma pim mujahidin bageng gembong pati taught by using facebook in academic year 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
Title.pdf - Published Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Chapter I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Chapter II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Chapter III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Chapter IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Chapter V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Chapter VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
References.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Appendices.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam belajar bahasa, menulis dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa. Mereka harus memperhatikan komponen penulisan untuk menghasilkan tulisan yang baik. Ini menjadi tantangan bagi para guru. Guru harus membuat model pengajaran baru terutama dalam bentuk tulisan. Dalam penelitian ini fokus pada kemampuan menulis siswa kelas X MA PIM Mujahidin Bageng Pati dalam pembelajaran teks deskriptif. Mereka masih kesulitan untuk menulis teks deskriptif terutama bagaimana mereka dapat mengekspresikan ide mereka. Selain itu para siswa masih bingung tentang tata bahasa dan kosa kata yang harus digunakan. Dalam hal ini, media sosial adalah salah satu media yang kitabutuhkan. Facebook ditemukan sebagai media sosial paling populerolehsiswa di dunia.Ada banyakfitur yang disediakan Facebook.Salah satufiturnyaadalah Facebook adalah komentar Facebook. Dalam penelitian ini, penelitian ini menggunakan Facebook sebagai media untuk mengajarkan keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas sepuluh MA PIM Mujahidin Bageng Pati pada tahun akademik 2019/2020 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan Facebook. Desain penelitian adalah desain eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA PIM Mujahidin Bageng Pati, peneliti mengambil kelas Xmiia sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre-test dan post-test dengan format tekstertulis. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 50,5, sedangkan rata-rata post-test adalah 70. Perhitungan T-test menunjukkanbahwa t (diperoleh) = 6,1> t (kritis) = ± 2,080 berartiadaperbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas X MA PIM Mujahidin Bageng Pati pada tahun akademik 2019/2020 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Facebook. Hal itu dapat membuat siswa senang dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Berdasarkanhasil, peneliti menyimpulkan bahwa Facebook dapat menjadi media yang efektif untuk membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris terutama untuk siswa tahun pertama di SMA tentang kemampuan menulis untuk mengetahui dan menggunakan kata-kata yang tepatuntuk menggambarkan seseorang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Drs. Muh Syafei, M.Pd. Pembimbing 2: Fajar Kartika, SS, M.Hum.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Facebook, Mengajar Menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:18
Last Modified: 04 Nov 2020 03:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item