The perceptions toward multimedia In motivating the eighth semester students Of english education department Of muria kudus university

Alaudin, Moh (2019) The perceptions toward multimedia In motivating the eighth semester students Of english education department Of muria kudus university. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi terhadap multimedia interaktif dalam memotivasi siswa didalam kelas. Multimedia interaktif adalah produk-produk teknologi komputer dalam bentuk teks, grafik, video, animasi, dan audio. Multimedia mampu menyediakan materi dalam bentuk visual maupu audio yang bisa membuat suasana pembelajaran menjadi menarik and menyenangkan, jadi siswa-siswa bisa termotivasi dalam pembelajaran. Untuk mengetahui lebeh jauh tentang tanggapan mahasiswa semester delapan tentang multimedia interaktif yang memotivasi mereka dalam pembelajaran bahasa inggris di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, penulis mengkategorikan motivasi siswa kedalam empat aspek, yaitu perhatian, relevansi, kepercayaan diri, dan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penulis menggunakan kuesioner dan interview sebagai media utuk mengumpulkan data. 20 mahasiswa semester delapan jurusan PBI UMK tahun ajaran 2018/2019 dipilih sebagai partisipan untuk menjawab kuesioner, semetara 5 partispan yang telah mengisis kuesioner dipilih untuk diberikan interview. Untuk menganalisa data, penulis mendunakan persentase dan deskripsi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan kebajakan mahasiswa PBI semester delapan memiliki pendapat yang baik tentang Multimedia dengan persentasi sebagai berikut 73% setuju, 17% netral, dan hanya 10% yang tidak setuju. selanjutnya persepsi mahasiswa semester delapan berdasarkan 4 aspek juga memperlihatkan bahwa dalam setiap aspek kebanyakan mahasiswa setuju multimedia interaktif dapat meningkatkan perhatian merekan didalam kelas, sesuai untuk digunakan sebagai media yang membantuk meningkatkan 4 skill dalam bahasa inggris, meningkatkan kepercayaan diri, serta memberi kepuasaan dalam pembelajaran. Meskipun ada beberapa mahasiswa yang netral dan tidak setuju dengan pendapat bahwa multimedia interaktif dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Tapi data persentase menunjukan bahwa kebanyakan mahasiswa setuju bahawa penerapan multimedia interaktif dalam kelas bahasa inggris dapat memotivasi mereka untuk mengikuti proses pembelajaran. Hasil interview dari 5 mahasiswa juga menunjukan bahwa mereka semua setuju multimedia interaktif dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, serta dapat menghilangkan kebosanan siswa. Berdasarkan pada penjelasan diatas, penulis menyimpulkan persepsi dari mahasiswa semester delapan PBI UMK mereka setuju bahwa multimedia interaktif dapat memotivasi mereka dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1; Dr. Slamet Utomo, M.Pd. Pembimbing 2: Farid Noor Romadlon, M.Pd.
Kata Kunci: Percepsi Murid, Multimedia Interaktif, Motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:52
Last Modified: 04 Nov 2020 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item View Item