Teaching speaking by using manga To senior high school students

RAHMA, AMALIA ADITA CHURRY (2019) Teaching speaking by using manga To senior high school students. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
Hal.pdf - Published Version

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Di Indonesia, bahasa Inggris sebagai bahasa asing penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris memiliki empat keterampilan dasar, dan salah satunya adalah keterampilan berbicara. Berbicara adalah salah satu keterampilan penting yang harus digunakan untuk berkomunikasi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Mengajar berbicara kepada siswa sekolah menengah atas di SMA N 1 PecangaanJepara sulit karena mereka memiliki karakteristik yang berbeda. Dalam menyampaikan materi, guru harus mendapatkan perhatian siswa dan membuat mereka menikmati dalam proses belajar mengajar. Manga adalah salah satu media dalam mengajar berbahasa Inggris. Manga pada dasarnya buku komik Jepang (action with caption), yang dapat dengan mudah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh SMA N I Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Manga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah X.IS.3 dan menggunakan cluster random sampling. Penulis menggunakan instrumen penelitian yang digunakan dengan memberikan pre-test dan post-test dengan fomat untuk melakukan dialog berpasangan. Hasil tes berbicara sebelum diajarkan dengan menggunakan Manga menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 58,8 dan nilai rata-rata tes setelah diajarkan dengan menggunakan Manga adalah 78,6. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa t (diperoleh) = 12,58> t (kritis) = ± 2,042 berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara siswa kelas X SMA NI PecangaanJepara pada tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah tahun akademik diajarkan dengan menggunakan Manga. Ini dapat meningkatkan dan membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyimpulkan bahwa Manga adalah media yang efektif untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris, terutama dalam keterampilan berbicara

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd., Pembimbing 2: Rusiana, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Speaking skill, Manga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:27
Last Modified: 04 Nov 2020 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item View Item