The students’ motivation of learning english Of beginner class in english box

YUDIANTO, NABELLA APRILYA WATY (2019) The students’ motivation of learning english Of beginner class in english box. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
Text (Hal. judul)
Title.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Chapter I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Chapter II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Chapter III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Chapter IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Chapter V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Chapter VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
References .pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Appendices.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Motivasi merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu dan membuat komitmen. Motivasi adalah salah satu faktor terpenting dalam proses belajar di dalam kelas. Motivasi merupakan faktor penentu keberhasilan seorang siswa mencapai tujuan belajarnya. Tetapi motivasi siswa seringkali tidak stabil. Antusias siswa dalam belajar tidak selalu naik melainkan terkadang menurun. Motivasi siswa yang tidak stabil sangat mempengaruhi performanya di dalam kelas dan juga hasil yang dicapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan masalah yang menyebabkan ketidakstabilan motivasi dari siswa, dan juga strategi guru yang diterapkan terkait dengan motivasi siswa di Kelas Pemula English Box tahun 2019. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan masalah siswa dan strategi guru dalam mengajar. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui lembar pengamatan, wawancara, dan juga kuesioner. Data yang didapat melalui lembar pengamatan yaitu berupa poin-poin masalah atau ketidakidealan siswa dan guru dikelas. Kemudian, peneliti mengkategorikan dan mengenterpretasikan hasil wawancara yang berisi penjelasan rinci dari poin-pon masalah. Terakhir, peneliti mengubah hasil kuesioner kedalam presentase dan mengenterpretasikannya untuk mendukung data yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah yang menjadikan motivasi siswa tidak stabil adalah masalah intensitas belajar yang kurang dikarenakan beban kerja dan kesibukan yang dihadapi, pemahaman materi yang kurang, kenyamanan yang merupakan pengaruh dari kondisi fisik dan juga kondisi kelas menjadi penyebab motivasi siswa dalam belajar tidak stabil. Strategi guru yang diterapkan sudah dapat mengantisipasi masalah yang ada. Tetapi ada beberapa strategi yang kurang tepat, yaitu guru belum memiliki strategi untuk mengalihkan perhatian siswa terhadap kesibukannya diluar kelas, guru menjelaskan materi secara cepat, dan tidak menerapkan game sebagai bentuk metode mengajar untuk membuat siswa lebih antusias. Pada akhir penelitian ini, peneliti menyarankan kepada siswa untuk memahami masalah yang ada dan berusaha mengurangi kebiasaan yang tidak baik yang menyebabkan masalah tersebut. Untuk guru diharapkan dapat mengantisipasi lebih masalah yang ada dan menemukan strategy mengajar baru yang lebih efektif untuk membuat motivasi siswa stabil. Dan untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti faktor masalah mana yang paling mempengaruhi motivasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. A Hilal Madjidi, M.Pd., Pembimbing 2: Mutohhar, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: motivasi; belajar bahasa inggris; kelas pemula English Box.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:31
Last Modified: 04 Nov 2020 05:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12874

Actions (login required)

View Item View Item