Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media patar kelas iv tema 7 sd n 02 kayen

Halimah, Nur (2019) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media patar kelas iv tema 7 sd n 02 kayen. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal Judul.pdf

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media patar dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 7 kelas IV SD N 02 Kayen. Hasil belajar merupakan hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa yang menyangkut aspek kognitif, efektif, psikomotor. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang dirancang untuk siswa lebih aktif dan kreatif selama proses pembelajaran, dan menyelesaikan masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar siswa kelas IV SDN 02 Kayen pada pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia, model Problem Based Learning berbantuan media patar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 02 Kayen pada pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia, dan model Prolem Based Learning berbantuan media patar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Kayen Pati dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian akan berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Problem Based Learning. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan oembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia melalui model Problem Based Learning berbantuan media patar meningkatkan setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata yakni 73,25% (cukup), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 85,77% (baik), persentase hasil belajar afektif siklus I dengan persentase 82.42% (baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,35% (baik). Persentase hasil belajar psikomotorik pada siklus I dengan persentase 80,85% (baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,81% (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada prasiklus 59% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian siklus I meningkat menjadi 77% (baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 81% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Kayen dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media patar pada tema 7 dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa peneliti menyatakan agar para guru menginovasikan supaya siswa lebih antusias.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Deka Setiawan, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Ristiyani, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Media Patar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:46
Last Modified: 05 Nov 2020 06:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12894

Actions (login required)

View Item View Item