Handayani, Rekno (2019) Peran pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar di keluarga dan sekolah siswasd 1 gulang. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Depan)
Hal. JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf Download (126kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 SD 1 Gulang, dengan rumusan masalah bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua siswa SD 1 Gulang dan peranan pola asuh terhadap motivasi belajar siswa SD 1 Gulang. Penelitian ini membahas tentang pola asuh dan implikasinya terhadap motivasi belajar siswa. Pola asuh orang tua merupakan kontrol orang tua dalam memberikan pengaruh positif terhadap anak. Terdapat empat jenis pola asuh meliputu pola asuh otoritatif, demokratif, permisif dan penelantaran. Sedangkan motivasi belajar adalah dorongan dari dalam maupun luar untuk tetap belajar sehingga seseorang atau khususnya siswa sekolah dasar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Pola asuh yang positif akan memberikan dorongan motivasi belajar tinggi bagi siswa, sejalan dengan pernyataan tersebut penelitian ini akan memperdalam bagaimana bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua siswa SD 1 Gulang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek orangtua siswa, siswa dan guru sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orangtua siswa SD 1 Gulang menggunakan bentuk pengasuhan demokratis. Bentuk pola asuh demokratis dengan menerapkan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah serta tindakan yang mencerminkan budi pekerti mampu memberikan peranan untuk siswa khususnya dalam hal motivasi belajar. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa mampu mampu memberikan dorongan terhadap motivasi belajar siswa di lingkungan keluarga dan sekolah sehingga siswa mampu mendapatkan hasil belajar yang baik. Tidak hanya itu bentuk pola asuh demokratis juga mampu membenuk karakter dalam diri siswa berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang positif bagi siswa sehingga siswa mampu memiliki semangat belajar baik disekolah dan di rumah yang baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pola Asuh dan Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 07:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 07:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12896 |
Actions (login required)
View Item |